5 Hal Agar Dapur Nyaman Dan Bersih

Sebagai area yang menjadi pusat aktivitas masak-memasak dan mengolah makanan, setiap orang pasti ingin dapur nyaman dan bersih. Jika itu dipenuhi, niscaya makanan yang diolah di situ akan lezat dan sehat.
Berikut ini, beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan untuk menciptakan dapur nyaman dan bersih.

  1. Fungsi
    Berdasarkan fungsinya, dapur dapat dibagi menjadi dapur basah dan kering. Dapur basah digunakan untuk mencuci dan mengolah bahan makanan, serta mencuci peralatan memasak. Sementara itu, dapur kering digunakan untuk kegiatan serba ringkas, seperti proses penyajian makanan dan membuat minuman. Pastikan Anda telah mempertimbangkan hal tersebut.
  2. Tempat penyimpanan

Untuk meningkatkan kenyamanan saat memasak, Anda juga harus mempertimbangkan tempat penyimpanan, mulai dari rak piring, lemari dapur, hingga kulkas. Pastikan perabot-perabot rumah tangga tersebut diletakkan pada area aman, mudah dijangkau, dan jauh dari kompor.

  1. Golongkan perabot
    Selain meletakkan perabot dapur dengan aman dan mudah dijangkau, Anda juga harus menggolongkan peralatan-peralatan tersebut sesuai fungsi dan dimensi. Hal ini, selain memberikan ruang bebas saat memasak, memudahkan saat mencari perlengkapan memasak.
  1. Perhatikan ventilasi

Anda juga harus memperhatikan ventilasi udara agar nyaman dan tidak pengap. Perhatikan pula penerangan. Pastikan cahaya matahari dapat masuk dengan baik dan menerangi area dapur. Sinar matahari dapat membantu menjaga kelembapan dapur dan meminimalkan timbulnya jamur.

  1. Bersihkan berkala
    Meski berada di area belakang, dapur harus tetap rapi dan bersih. Untuk itu, bersihkan secara berkala ruangan tersebut, dan tatalah agar tidak ada perabot yang berserakan. Sapulah dan bersihkan menggunakan cairan disinfektan sesering mungkin untuk meminimalkan hadirnya virus dan bakteri.

Sumber: Klasika Kompas

Dilihat 3,398 kali, dan 1 hari ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *