5 hal penting ketika memilih keramik

Mungkin bagi sebagian orang yang sedang membangun atau merenovasi rumah lebih memikirkan tentang desain ruangan dan hal apa yang akan ditempatkan diruangan tersebut tapi tidak terlalu memikirkan tentang lantainya, Karena letaknya yang di bawah dan bahkan sering ditutup karpet, Namun sebaliknya lantai memiliki peran penting agar ruangan terlihat lebih cantik.

Banyak masyarkat lebih memilih untuk melapisi lantainya dengan keramik, karena keramik memiliki tampilan yang berish, mudah dibersihkan, dan harganya pun terjangkau. Pilihannya yang semakin beragam, ada tiga faktor yang membuatnya semakin digemari. Dan bisa menyesuaikan kebutuhan rumah anda apakah memerlukan keramik mengkilap atau tidak mengkilap. Saat ini, dapat dilihat kalau lantai keramik mengkilap (glazed) cukup mendominasi pasaran. 

Sebelum kamu memilih keramik kamu harus memperhatikan faktor penting untuk menentukan keramik yang akan kamu pilih agar rumahmu terlihat bagus dan sesuai dengan gaya rumah yang kamu inginkan, Seperti:

1. Memilih keramik yang sesuai gaya rumah anda

Photo by Daniel Chen on Unsplash

Sebelum memilih keramik, yang harus dipikirkan pertama kali adalah memikirkan tentang gaya rumah Anda. Pastikan bahwa keramik yang Anda pilih sesuai dengan keseluruhan gaya rumah Anda. Jangan sampai tidak sesuai dengan gaya rumah anda, contohnya seperti, membuat tembok, barang, dan juga lantai bertemakan kayu dengan warna yang sama semua akan membuat rumah anda monoton dan tidak enak dilihat, seharusnya apabila ingin terlihat bagus anda harusnya membuat perpaduan kayu untuk keramik dan tembok menggunakan cat yang mendukung keramik tersebut atau sebaliknya sesuai dengan kemauan anda. Dan itulah mengapa anda harus menyesuaikan keramik yang sesuai dengan gaya rumah anda.

2. Menyesuaikan ukuran keramik dengan rumah anda

Anda juga harus mempertimbangkan ukuran keramik lantai dengan ruangan rumah yang akan dilapisi keramik. Perlu Anda ketahui, semakin besar ukuran sebuah keramik pada ruangan, akan membuat tampilan ruangan tersebut menjadi lebih luas.

Untuk ukuran keramik kecil hingga medium, umum digunakan di kamar mandi, sebagai batas atau pinggiran. Untuk keramik kamar mandi, ruang nat yang banyak pada keramik-keramik ukuran kecil bisa menambahkan traksi lebih bagi kaki sehingga tidak mudah tergelincir. Sebagai tambahan, keramik ukuran kecil juga umum digunakan sebagai keramik backsplash di dapur.

3. Warna Keramik

Photo by Jenn Maples on Pinterest

Warna keramik merupakan bagian yang sangat penting untuk membangun kesan yang ingin anda bangun pada ruangan. Ruangan sempit akan terasa lebih lega dan besar dengan warna keramik lantai yang lebih cerah. Warna-warna krim atau pastel, misalnya, akan membuat area sempit seperti kamar mandi tampak besar. Warna keramik yang gelap bisa memberi kesan hangat, terutama untuk ruangan-ruangan berukuran besar yang terbuka dan memiliki cahaya ruangan cukup begitupun sebaliknya.

Untuk area yang menjadi tempat beraktivitas, coba gunakan keramik lantai dengan warna kombinasi. Perbedaan kontras warna bisa membantu menyamarkan lantai yang mudah kotor. Misalnya, bisa menggunakan paduan abu-abu, dan putih. Warna coklat dan tan juga bisa dipakai, begitu pula keramik bermotif. Jadi penting untuk memilih warna keramik baik itu didapur, kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, dan juga ruang keluarga agar memperoleh hasil yang maksimal sesuai gaya dan keinginan anda.

4. Pola dan Tekstur Keramik Lantai

Ambiance Moderne on mobalpa

Terkait pola dan tekstur keramik pada lantai, semuanya terserah pada selera dan gaya anda. Banyak pilihan keramik seperti, mengkilap atau tidak mengkilap (unglazed), satin, matte, polos, bertekstur atau berpola. Hal inilah yang membedakan licin tidaknya lantai keramik. Hanya saja, yang perlu diperhatikan, adalah bahwa keramik mengkilap lebih mudah dibersihkan. Sementara itu, keramik unglazed memerlukan polesan agar tidak cepat kotor atau ternoda. 
 
Untuk kamar mandi dan dapur misalnya, sebisa mungkin memilih keramik yang memiliki tekstrur yang tidak rata untu membuat lantai tidak licin ketika anda beraktivitas dan mobilisasi di ruangan tersebut.

5. Kualitas keramik

https://www.statementstile.com/wow-60-gallery

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam memilih keramik adalah dengan memeriksa standar peruntukannya. Hal ini penting untuk diperhatikan karena berhubungan erat dengan keamanan dan keselamatan pengguna saat berjalan.
 

Anda harus memilih keramik yang berkualitas untuk ruangan anda, Terutama pada pemilihan keramik untuk lantai kamar mandi. Sebaiknya, keramik yang dipilih pada lantai kamar mandi adalah keramik dengan yang tidak menyerap air dan tentunya tidak licin. karena hal tersebut berhubungan dengan keselamatan Anda di rumah.

Selain kelima poin tips memilih keramik tersebut, hal yang perlu diperhatikan ketika memilihnya adalah keterjangkauan harga. Hal ini tentunya penting, agar kita tidak perlu menghabiskan uang terlalu banyak. Oleh karena itu, sebelum membeli keramik sebaiknya pilih toko penjual keramik dengan kualitas yang baik namun dengan harga yang murah.

Dilihat 1,830 kali, dan 12 hari ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *